Minggu, 29 November 2009

0 LAMBANG GERAKAN PRAMUKA

Date: Minggu, 29 November 2009 Minggu, November 29, 2009
Category:
Author: BANTARA SMANCI
Share:
Responds: 0 Comment
GAMBAR “SILHOUETTE” dan “KITRI” tunas Kelapa

Penemu lambang gerakan pramuka adalah MR. SURYO SUNARYO ATMODIPURO tepatnya di Baligul Bali.

Lambang gerakan Pramuka :

Gambar Silhouette Tunas kelapa, lambang gerakan Pramuka beserta arti kiasannya :

1. Buah nyiur, dalam keaadaan tumbuh dinamakan cikal dari asli pertama ( dari istilah cikal bakal Indonesia ) berarti penduduk asli pertama yang akan menurunkan generasi baruyang akan meneruskan kelangsungan hidup bangsa Indonesia.

2. Buah nyiur, dapat bertahan lama dalam keadaan bagai manapun juga diarti kiasannya adalah bahwa setiap Pramuka adalah seorang yang sehat jasmani dan rohani ,kuat,ulet dan besar tekadnya dalam menghadapi tantangan yang mengabdi kepada tanah air dan bangsa.

3. Nyiur dapat tumbuh dimana saja artinya tiap Pramuka dapat hidup dan menyesuaikan dirinya dalam masyarakat dimana ia berada dan keadaan bagaimanapun juga.

4. Nyiur tumbuh menjulang lurus keatas dan merupakan salah satu pohon tertinggi di Indonesia, bahwa tiap Pramuka mempunyai cita – cita luhur dan tulus mulai dengan juju, tegap tegak,tak mudah di ombang ambing oleh sesuatu.

5. Akar nyiur tumbuh kuat dan erat didlam tanah yang mengkiaskan tekad dankeyakinan tiap Pramuka yng berpegang pad dasar – dasar dan landasan – landasan yang baik, benar, kuat dan nyata adalah tekad dan keyakinan yang dipakai olehnya untuk memperkuat diri demi mencapai cita-citanya.

6. Nyiur adalah pohon serbaguna dari yang atas hingga akarnya, bahwa tiap pramuka adalah manusia yang berguna dan membuktikan diri dan kegunaannya kepada tanah air, bangsa dan Negara kepada umat manusia.


Artikel Terkait :



Poskan Komentar

Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa tinggalkan komentar. -=[^_^]=-