Selasa, 23 April 2013

0 Kena tegur google !!

Selasa, April 23, 2013 Under From BANTARA SMANCI
[0 Comment]
Huh kurang lebih 1 tahun saya ga pernah buka ini blog, pas tadi mw coba akses bantarasmanci.blogspot.com, waduhh koo server not found :( , coba browsing yang lain lancar (sempet binguung ga karuann) ini kenapa ko ga bisa dibuka.. coba akses ke blogger masuk dan normal kayak biasanya.
saya coba view blog lohh ko masihh server not found (wah masa iya di tutup akun gara2 ga pernah buka lagi) sayang banget ini blog kalau ga bisa dibuka lagi :(. coba utak atik bentarrr pas view blog taraaaaaaaaaa bisa dibuka lagiii alhmdllah  :). ini blog sejarah bagi saya soalnya ini blog pertama saya, dan bikinnya pun ampe berhari - hari walaupun di dalam blognya belum ke isi apa2 :D (mantap ga tuh).

paling seneng liat alexa muncul lagi walapun gueeedee bangett tuhh angkanya, tapi sedihh page ranknya jadi 0 lagii...

Udah akhh daripada mewekk teruss mendingan coba hidupin lagi ne blogg, walapaun ntar postinganya nyeleweng dikitt dari judulnya :D.

ok cukup sekian dulu, ntar disambung dipostingan berikutnya,, dadah :D

Read More »

Selasa, 13 Maret 2012

0 KIASAN DASAR PENAMAAN SANGGA

Selasa, Maret 13, 2012 Under From BANTARA SMANCI
[0 Comment]
a. Sangga Perintis
Makna nama sangga tersebut dilatarbelakangi adanya romantisme perjuangan merintis kemerdekaan Indonesia yang diawali perjuangan organisasi Budi Utomo.

b. Sangga Penegas
Makna nama sangga tersebut dilatarbelakangi adanya penegasan pada pernyataan yang tersurat dalam Sumpah Pemuda.

c. Sangga Pendobrak
Makna nama sangga tersebut dilatarbelakangi adanya pendobrakan untuk mengusir penjajah dari muka bumi pertiwi tercinta ini.

d. Sangga Pencoba
Makna nama sangga tersebut dilatarbelakangi adanya agresi Belanda yang mencoba merampas tanah air Indonesia. Namun agresi ini dapat dipatahkan perjuangan bangsa Indonesia.

e. Sangga Pelaksana
Makna nama sangga tersebut dilatarbelakangi adanya melaksanakan pembangunan, setelah Indonesia merdeka penuh lepas dari kolonialisme.
Read More »

Jumat, 21 Oktober 2011

0 Daftar istilah kepramukaan

Jumat, Oktober 21, 2011 Under From BANTARA SMANCI
[0 Comment]
Adik : Panggilan untuk Pramuka yang lebih muda usia/tingkatannya
Ambalan Penegak : Satuan Pra-muka Penegak yang terdiri atas 4 – 5 sangga atau sekitar 40 orang penegak.
Andalan : Sebutan untuk pengurus Kwartir.
Andik (sing.) Anak Didik. Sebutan untuk peserta didik Pramuka.
Apel Upacara singkat. Biasaya untuk mengecek kesiapan anak buah.
Api unggun Kegiatan dalam perkemahan dengan berkumpul di sekitar api untuk bergembira. Biasanya diawali dengan upacara penyalaan.
Saka Bahari; Pramuka cinta kelautan; Kepramukaan yang diselenggarakan bekerjasama dengan TNI Angkatan Laut, dengan penambahan ketrampilan khusus di bidang maritim dan kelautan. Bakti Husada Saka Bakti Husada; Pramuka cinta kesehatan. Kepramukaan yang diselenggarakan bekerjasama dengan Dinas Kesehatan dengan ketrampilan khusus di bidang medis dan kesehatan.
Bantara (bhs) Pengawal; Tingkatan Pertama SKU Pramuka Penegak. Bantu Tingkatan kedua SKU Siaga. Barung (bhs) Tempat penjaga ramuan bangunan; Satuan terkecil Pramuka siaga yang terdiri atas 5 – 10 orang.
Bhayangkara Saka Bhayangkara ; Pramuka cinta ketertiban; Kepramukaan yang diselenggarakan bekerjasama dengan Kepolisian RI dengan penambahan ketrampilan khusus bidang ketertiban masyarakat Brownie (inggris) Siaga putri. Bucik Sebutan untuk Pembantu Pembina Siaga Putri Bunda Sebutan untuk Pembina Siaga Putri
Read More »

Selasa, 09 November 2010

0 Kenapa Seragam Pramuka Berwarna Coklat?

Selasa, November 09, 2010 Under From BANTARA SMANCI
[0 Comment]
Sebuah pertanyaan terlontar dari Anak Pramuka SMANCI, Kenapa pakaian Seragam Pramuka Berwarna Coklat?? kenapa tidak warna pink, merah , biru dan lain - lain. sebuah pertanyaan yang bagus menurut saya, mungkin orang - orang tidak pernah menyadarinya akan hal itu , mungkin mereka menganggap pertanyaan itu hanya sepele, dan saya pun termenung sebentar (mmmmm...otak saya berputar kemana - mana sampai mengelilingi dunia,,, :-) heheh) dan tiba - tiba ada sebuah ilham datang melesatt bagaikan komet yang jatuh ke bumi ( waduuhhh,,,kenapa nyambungnya ke komet sih,,:-)) masuk ke otak ,, dan menurut saya adalah warna coklat yang dipilih pramuka tidak jauh dari kegiatan alam dan sosial, coklat warna tanah yang membumi, tenang, damai. itu menurut saya, maaf kalau jawaban kurang memuaskan,,tapi kalaupun ade - ade pramuka smanci kurang puas dengan jawaban saya, saya postingkan sebuah penjelasan yang menurut saya udah komplit tentang petunjuk Penyelenggaraan Pakaian Seragam Pramuka,,, lebihh jelasnya silahkan baca selengkapnya,,, heheh

KEPUTUSAN
KWARTIR NASIONAL GERAKAN PRAMUKA
NOMOR 088 TAHUN 1981
TENTANG PETUNJUK PENYELENGGARAAN PAKAIAN SERAGAM PRAMUKA
Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka,
Menimbang : 1. Bahwa keputusan Musyawarah Nasional Gerakan Pramuka Tahun 1974 di Manado,
Sulawesi Utara, menyatakan agar Petunjuk Penyelenggaraan Pakaian
SeragamPramuka supaya disempurnakan, disesuaikan dengan tujuan Gerakan
Pramuka dan selera anak-anak dan pemuda-pemuda, serta sesuai dengan
perkembangan masyarakat ;
2. Bahwa untuk menertibkan pelaksanaan penggunaan pakaian seragam Pramuka perlu
disempurnakan petunjuk Penyelenggaraan Pakaian Seragam Pramuka yang
mencakup pakaian seragam putri maupun putra ;
3. Bahwa untuk melaksanakan maksud tersebut diatas, perlu menerbitkan Petunjuk
Penyelenggaraan baru, sebagai pengganti dan penyempurnaan Petunjuk
Penyelenggaraan Pakaian Seragam Pramuka tersebut pada lampiran Keputusan
Kwartir Nasional GerakanPramuka Nomor 104/KN/74 Tahun 1974.
Mengingat : 1. Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 238 Tahun 1961 tentang Gerakan Pramuka ;
2. Keputusan Prasiden Republik Indonesia nomor 12 Tahun 1971 tentang Anggaran Dasar Gerakan Pramuka ;
3. Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 045/KN/74 Tahun 1974 tentang Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka ;
4. Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Nasional Nomor 104/KN/74 Tahun 1974 tentang

Petunjuk Panyelenggaraan Pakaian Seragam Pramuka.
Memperhatikan : Kesepakatan Andalan Daerah Puteri pada Temu Karya tanggal 12-14 Mei 1980 di Jakarta.
Mendengar : 1. Saran-saran Andalan Nasional Harian ;
2. Saran-saran staf Kwartir Nasional Gerakan Pramuka.

MEMUTUSKAN :
Menetapkan :
Pertama : Mancabut Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 104/KN/74 Tahun 1974, tentang Petunjuk Penyelenggaraan Pakaian Seragam Pramuka.
Kedua : Menetapkan Petunjuk Penyelenggaraan Pakaian Seragam Pramuka seperti yang tertera pada lampiran surat keputusan ini.
Ketiga : Menginstruksikan kepada Kwartir dan Satuan Gerakan Pramuka di seluruh Indonesia untuk melaksanakan isi keputusan ini.
Keempat : Apabila kemudian ternyata terdapat kekeliruan dalam surat keputusan ini maka akan diadakan pembetulan sebagaimanan mestinya.

Keputusan ini mulai berlaku sejak ditetapkan.
Ditetapkan di Jakarta
Pada tanggal 18 Juni 1981.
Ketua Kwartir Nasional,




Letjen TNI (Purn) Mashudi.




LAMPIRAN KEPUTUSAN
KWARTIR NASIONAL GERAKAN PRAMUKA
NOMOR 088 TAHUN 1981
PETUNJUK PENYELENGGARAAN PAKAIAN SERAGAM PRAMUKA
BAB I
PENDAHULUAN
Pt. 1. Umum.
a. Gerakan Pramuka adalah suatu gerakan pendidikan yang merupakan satu-satunya wadah diusahakan bernilai pendidikan juga Gerakan Pramuka mempunyai ciri khas, yang membedakan pendidikan kepramukaan yang menggunakan prinsip-prinsip dasar metodik pendidikan kepramukaan di Indonesia. Sebagai organisasi pendidikan, maka di samping segala sesuatu dengan organisasi lain, yaitu antara lain digunakannya pakaian seragam Pramuka dan tandapengenalnya.
b. Sesuai dengan pendidikan yang dilakukan di dalam Gerakan Pramuka, maka pakaian seragam inipun merupakan alat pendidikan, yang diharapkan dapat mempengaruhi sikap dan tingkah laku Pramuka yang mengenakannya. Penggunaan warna coklat muda dan coklat tua mengingatkan para pramuka akan pakaian yang digunakan oleh pejuang-pejuang kita di masa revolusi yang lalu, dan para prajurit yang berada di garis pertempuran. Oleh karena itu penggunaan pakaian seragam ini dipakai untuk menanamkan jiwa patriotisme yang besar dikalangan Pramuka. Disamping itu pakaian seragam ini harus praktis, menarik, menyenangkan dan membanggakan bagi pemakainya.(sengaja saja bold biarr jelass)
c. Semua anggota Pramuka mengenakan pakaian seragam Pramuka, yang bentuk, corak, warna dan tata cara pemakaiannya diatur oleh Kwartir Nasional Gerakan Pramuka. Bentuk, corak dan tata cara pemakaian tersebut disesuaikan dengan jenis pemakaiannya puteri dan putera, perkembangan jasmani dan rokhani anak didik, kegiatan yang bisa dilakukan dalam kepramukaan
dan disesuaikan dengan perkembangan masyarakat.
d. Maksud Petunjuk Penyelenggaraan ini adalah untuk memberi pedoman kepada Kwartir dan satuan Pramuka, untuk menertibkan pemakaian pakaian seragam Pramuka agar dapat menunjang usaha mencapai tujuan Gerakan Pramuka, serta memberi petunjuk kepada para Pramuka Puteri dan Putera tentang pemakaian pakaian seragam secara tertib dan rapih.
Pt. 2. Ruang Lingkup.
a. Petunjuk Penyelenggaraan ini meliputi
b. Pendahuluan.
c. Pengertian dan Fungsi.
d. Pakaian Seragam Pramuka Puteri.
e. Pakaian Seragam Pramuka Putera.
f. Tata cara pemakaian Pakaian Seragam.
g. Penutup.
Pt. 3 Pengertian.
a. Pakaian Seragam Pramuka adalah pakaian yang dikenakan oleh semua anggota Gerakan
Pramuka, yang bentuk, corak, warna dan tata cara pemakaian seragam, sesuai dengan ketentuan
yang dibuat oleh Kwartir Nasional Gerakan Pramuka.
b. Pakaian Seragam Pramuka menurut keperluannya dibagi dalam :
1) Pakaian Seragam Harian.
2) Pakaian Seragam Perkemahan, kerja bakti dan olah raga.
3) Pakaian Seragam Khusus.
4) Pakaian Seragam Satuan Karya.
c. Pakaian Seragam Pramuka terdiri dari :
1) Tutup Kepala.
2) Baju Pramuka,
a) Blus untuk Pramuka Puteri.
b) Kemeja untuk Pramuka Putera.
1) Rok Pramuka untuk Pramuka Puteri.
2) Celana Pramuka untuk Pramuka Putera.
3) Pita leher untuk Pramuka Puteri.
4) Setangan leher untuk Pramuka Putera.
5) Kaos kaki.
6) Sepatu.
7) Ikat pinggang.
8) Tas untuk Pramuka Puteri (Penegak, Pandega, Pembina, Andalan dan anggota Majelis Pembimbing).

BAB II
FUNGSI
Pt. 4. Fungsi.
a. Pakaian Seragam Pramuka berfungsi sebagai sarana untuk :
b. Menumbuhkan rasa jiwa kesatuan dan jiwa Pramuka.
c. Memberi latihan/pendidikan tentang kerapihan, kesederhanaan, keindahan dan kesopanan.
d. Menanamkan harga diri, kebangsaan nasional, jiwa persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.
e. Menanamkan rasa disiplin.

BAB III
PAKAIAN SERAGAM PRAMUKA PUTERI
Pt. 5. Pakaian Seragam Harian.
Pakaian Seragam Harian terdiri dari :
a. Tutup Kepala.
b. Baju Pramuka (blus).
c. Rok Pramuka.
d. Pita Leher.
e. Kaos kaki (hanya untuk pramuka Siaga dan Penggalang).
f. Sepatu.
g. Ikat pinggang (hanya untuk Pramuka Penggalang)
h. Tas (hanya untuk Pramuka Penegak, Pramuka Pandega dan Pembina Pramuka, Andalan dan Anggota Majelis Pembimbing).
i. Tanda-tanda Pengenal.

Pt. 6. Jenis Pakaian Seragam Harian.
a. Pakaian Seragam Harian Pramuka Siaga.

1) Tutup kepala :
a) dibuat dari kain berwarna coklat tua.
b) berbentuk topi joki dengan lima potongan.
c) pada batas tiap potongan diberi bis¼ cm berwarna coklat muda.
d) pada bagian atas, tepat pada pertemuan potongan-potongan, diberi bulatan hiasan, bergaris
e) tengah antara 1 sampai 3 cm berwarna coklat tua.
f) bagian belakang dari topi itu diberi ban elastik.
g) leher lidah topi 5 cm.
2) Baju Pramuka/blus :
a) dibuat dari kain berwarna coklat muda.
b) berbentuk baju kurung berlengan pendek.
c) ditambah lipatan hiasan melintang di dada selebar 2 cm.
d) kerah baju model shiller.
e) tidak memakai buah baju/kancing.
f) tidak memakai lidah bahu.
g) mempunyai dua saku pada bagian muka bawah blus.
h) baju/blus dipakai diluar rok.
3) Rok Pramuka :
a) dibuat dari kain berwarna coklat tua.
b) berbentuk rok lipatan (plooi) yang bagian dalamnya masing-masing 3 cm.
c) jumlah lipatan disesuaikan dengan dengan lingkar pinggang anak didik.
d) panjang rok sampai ke lutut.
4) Pita leher :
a) dibuat dari kain berwarna merah dan putih.
b) - lebar 3½ cm panjang 80 cm dan disimpulkan.
- panjang pita dari simpul 7 – 8 cm, karena itu panjang pita leher dapat disesuaikan dengan
besar badan pemakai.
Read More »

Kamis, 09 September 2010

Kamis, September 09, 2010 Under From BANTARA SMANCI
[0 Comment]
Kami Keluarga Besar Bantara SMAN 1 CIAWIGEBANG mengucapkan SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN

Read More »

Kamis, 08 Juli 2010

0 Pemberitahuan!!!

Kamis, Juli 08, 2010 Under From BANTARA SMANCI
[0 Comment]
huh,,, dah lama ne ga posting blog, ya biasalah banyak job yang harus diselesaikan, jadi lupa ddweh ma postingan... 2 hari kebelakang saya dan teman saya mencoba meng upload foto-foto kegiatan pramuka dan foto resmi angkatan 2009/2010 akhirnya kemarin tepatnya jam 17.30 saya menyisipkan alamat-alamat url untuk bisa didownload,bagi temen - temen(khusunya alumnus angkatan 2009/2010) , kakak - kakak, adik-adik kelas yang mau download silahkan semuanya gratististis,,,hehehe




update :
karena udah lama linknya rusak, hehe jadi mohon maaf yang mw download jadi ga bisa, ntar kalau ada waktu saya perbaiki link-linknya,,
Read More »

Rabu, 26 Mei 2010

1 PERJALANAN TUNAS KELAPA “PAS – DP XX”

Rabu, Mei 26, 2010 Under From BANTARA SMANCI
[1 Comment]
Suatu hari yang indah teriringi alunan suara burung di sertai hangatnya mentari, sekelompok anak pramuka yang hendak mendaki gunung yang terdiri dari putra dan putri, kelompok itu bernama PAS - DP.
Sebelum berangkat mereka berdoa terlebih dahulu agar dalam perjalanannya tidak ada satu hambatan apa pun, setelah itu mereka berangkat dengan aba-aba dari Ida: “CAP CUS”. Di dalam perjalanan mereka di iringi dengan penuh canda serta tawa, apalagi ketika melihat touris – touris asing, salah satu dari mereka yang bernama Rival spontan berkata: “BULE-BULE”, kemudian PAS-DP pun tertawa terbahak-bahak mendengar Rival berkata seperti itu, setelah tiba di tempat loket mereka pun langsung memulai pendakian. Namun perjalanan yang menyenangkan itu ternyata banyak menguras tenaga, sehingga salah satu dari mereka yang bernama Endah berkata: “DEUH AING MAH” jalan nya kok gini sih?? Melelahkan banget, kemudian Yeti pun berkata: iya jadi “HAYANG BALIK”, weuy semangat dong jangan menyerah kaya gitu, sahut Hardianto kepada mereka berdua..
Tiba-tiba Abdul berkata kepada Nurcholis: “HEH DARKIM” lihat kesana, pemandangannya bagus euy! Mega pun berkata “ILOK DEH”, mmm, , ,ternyata capek kita pun terbayar dengan melihat keindahan alam yang menakjubkan kata Iyan kepada PAS-DP.
Setelah beberapa menit kemudian mereka pun sampai dipuncak gunung, sambil melepas lelah kemudian Ecka tresna berkata: “HAHAY” gimana kalau kita main tebak-tebakan, setuju??? PAS-DP berkata: SETUJU. Ok, ini tebak-tebakannya… hewan apa yang paling sehat??? Kata Nurcholis: “TEU NYAHO”, kata Ida: gajah, kata Elin: harimau, kata Rahma: badak, kata Yeti: lumba-lumba, kemudian Ecka tresna menjawab: jawaban kalian salah semua, Rahma pun berkata: “IHH… APAAN SIH” jawabannya?? Ya belalang sama kupu-kupu lah jawab Ecka tresna, lho kok?? Sahut PAS-DP, Ecka tresna pun menjawab: ya iyalah kan ada lagunya, pok ame-ame belalang kupu-kupu siang makan nasi kalau malam minum susu, hehe..
Benar gak Wan?? “HAH APA LOE KATA??” sahut Iwan sambil tertawa. Sekarang giliran aku kata Irfan Ali ,ini jawabannya “HARUS FIKS” soalnya ini menyangkut tentang sejarah, kemudian Nia berkata sambil tertawa: “NGOMONG NAON JAH??”, benar teh “AKH.. NGOMONG NAON??” disambung Elin sambil tertawa juga, jeh.. ini benar sahut Irfan Ali, kemudian Asep berkata sambil tertawa juga: “AKH DUKA”, dijawab oleh Ayi: “SELEKETEB”, kemudian Ria berkata: “DASAR CUMI, NGAJAK RIBUT??”, “VISS AKH..” sahut Lilis kepada Ria sambil tersenyum, udah jangan pada ribut kata Ecka tresna kepada PAS-DP, sok tebak-tebakannya apa? kemudian Irfan Ali memberikan tebak-tebakannya, ini tebak-tebakannya: perang apa yang paling sebentar?? Kata Iwan: perang dunia ke 1, kata Indra: perang-perangan, kemudian Irfan Ali berkata: jawaban kalian salah semua, tiba-tiba Mila berkata: “URANG NYAHO-URANG NYAHO”, apa jawabannya?? sahut Irfan Ali, perang DIPENOGORO jawab Mila. lho ko?? Sahut PAS-DP, ya iyalah jawab Irfan Ali pula, kemudian salah satu dari mereka yang bernama Ari berkata: kenapa bisa?? Bukannya perang DIPENEGORO itu dimulai dari tahun 1825 dan berakhir tahun 1830?? Iya memang benar, sekarang coba saja ubah dalam bentuk jam sahut Irfan Ali, ya kalau di ubah menjadi bentuk jam mah berarti dimulai setelah MAGHRIB dan selesai sebelum ISYA dong??? Jawab Ari kepada Irfan Ali, jadi benar kan perang DIPENEGORO adalah perang yang paling sebentar?? Jawab Irfan Ali, “MACEK MANEH WAE LAH” sahut Siska Nurul sambil tertawa, kemudian Nurcholis pun berkata: kata nya jawabannya harus fiks mana atuh??? Jeh.. kita “HARUS FLEKSIBEL DONG”!!! ini kan nama nya juga permainan jadi jangan dipikirin lah sahut Ahmad Asikin, betul… betul… betul… jawab Yunita, kemudian Alma dan Yudan pun berkata: memang BANTARA SMANCI paling gokil dan keren, “YANG LAIN JADUL AKH”, kemudian PAS-DP pun tertawa terbahak-bahak, tidak terasa ternyata waktu sudah hampir malam, mereka pun bergegas pulang. Tapi meskipun begitu mereka tetap saja semangat dan tak henti - hentinya bercanda, apalagi ketika Nurcholis dan Iwan sedang berjalan berduaan, PAS-DP pun serempak berkata: CIE… CIE… CIE… dan mereka pun tertawa terbahak-bahak.
Walau hari itu mulai gelap bahkan mentari telah terselimuti awan kesedihan, tapi PAS-DP akan selalu terbingkai dalam kebersamaan di kala suka maupun duka. Kemudian mereka pun pulang dengan membawa kenangan terindah yang tak kan lekang oleh waktu.

Tak akan ada satu dari seribu hal yang bisa kita lupakan saat membangun apa yang kita inginkan
Dibalik sebuah mimpi ada sebuah harapan ada sebuah kisah yang tersimpan
Berjuang untuk hidup berjuang untuk jiwa berjuang untuk sahabat sejati
Dan aku ingin terus bermimpi serta ingin mewujudkannya meski harus berlari dan terjatuh
Demi satu untuk selamanya serta demi satu ikatan persahabatan.
PAS-DP XX IS THE BEST
Jangan pernah lupakan saat kita terjatuh serta kembali bangkit bersama!!
Dan Terus Junjung Kesetiakawanan Demi Sebuah Persahabatan serta Terus Hidup Terus Berkarya!

THE END..

Ide Cerita : Abdul scout h2c
Editor : Chival Bungsu h2c
Dika Pramedika h2c
Ketua redaksi : Ones Class h2c
Penyunting akhir : Ecka Tresna Raka Purnama h2c
Support by : BAROEDAX H2C XX
Read More »

Rabu, 05 Mei 2010

0 PERTEMUAN PRAMUKA

Rabu, Mei 05, 2010 Under From BANTARA SMANCI
[0 Comment]
:: Pertemuan Anggota Gerakan Pramuka ::
Selain mengadakan latihan rutin, anggota pramuka mengadakan pertemuan yang dihadiri oleh sesama anggota Pramuka sejenis .Pertemuan serupa itu dilaksanakan pada waktu-waktu tertentu, seperti ulang tahun Gudep, hari Pramuka dan sebagainya.
Sesuai dengan golongannya, maka pertemuan anggota Pramuka dibedakan atas : Pertemuan Pramuka Siaga Pesta Siaga Kegiatan ini dapat dilaksanakan untuk tingkat Desa, Kecamatan dan Cabang. Dapat berupa rekreasi, permainan bersama, darmawisata, lomba ketangkasan dan ketrampilan. Hingga sifatnya rekreasi, kreatif, riang, gembira, yang memerlukan banyak gerak seperti lomba ketrampilan dan ketangkasan.
Permainan Bersama, adalah kegiatan keterampilan kepramukaan untuk golongan Pramuka Siaga, seperti menyusun puzzle, mencari jejak, permainan kim dan sejenisnya. Pameran Siaga, adalah kegiatan yang memamerkan hasil karya Pramuka Siaga.
Pasar Siaga (Bazar), adalah simulasi situasi di pasar yang diperankan oleh Pramuka Siaga sebagai pedagang, sedangkan pembelinya masyarakat umum.
Darmawisata, adalah kegiatan wisata ke tempat tertentu yang pada akhir kegiatan Pramuka Siaga harus menceritakan pengalamannya, dalam bentuk lisan maupun tulisan.
Pentas Seni Budaya, adalah kegiatan yang menampilkan kreasi seni budaya para Pramuka Siaga. Karnaval, adalah kegiatan pawai yang menampilkan hasil kreatifitas Pramuka Siaga. Perkemahan Satu Hari (Persari), adalah perkemahan bagi Pramuka Siaga yang dilaksanakan pada siang hari.
Pertemuan Pramuka Penggalang Jambore, adalah pertemuan Pramuka Penggalang dalam bentuk perkemahan besar yang di diselenggarakan oleh kwartir Gerakan Pramuka, seperti Jambore Ranting (tingkat kecamatan), Jambore Cabang tingkat kota/kabupaten), Jambore Daerah (tingkat provinsi), Jambore Nasional (tingkat nasional). Lomba Tingkat, adalah pertemuan regu-regu Pramuka Penggalang dalam bentuk lomba kegiatan kepramukaan. Lomba tingkat dilaksanakan secara berjenjang dimulai dari tingkat gugusdepan (LT-I), ranting (LT-II), cabang (LT-III), daerah (LT-IV), nasional (LT-V). Gladian Pimpinan Regu (Dianpinru), adalah pertemuan Pramuka Penggalang bagi Pemimpin Regu Utama (Pratama), Pemimpin Regu (Pinru) dan Wakil Pemimpin Regu (Wapinru) Penggalang, yang bertujuan memberikan pengetahuan dan pengalaman di bidang manajerial dan kepemimpinan. Dianpinru diselenggarakan oleh gugusdepan, kwartir ranting atau kwartir cabang. Kwartir Daerah dan Kwartir Nasional dapat menyelenggarakan Dianpinru apabila dipandang perlu. Penjelajahan (Wide Game), adalah pertemuan Pramuka Penggalang dalam bentuk mencari jejak (orienteenering) dengan menggunakan tanda-tanda jejak, membuat peta, mencatat berbagai situasi dan dibagi dalam pos-pos. Setiap pos berisi kegiatan keterampilan kepramukaan seperti morse/semaphore, sandi, tali temali dan sejenisnya.
Latihan Bersama, adalah pertemuan Pramuka Penggalang dari dua atau lebih gugusdepan yang berada dalam datu kwartir ranting atau kwartir cabang mapun kwartir daerah dengan tujuan untuk saling tukar menukar pengalaman. Latihan gabungan ini dapat dilaksanakan dalam bentuk lomba, seperti baris-berbaris, PPPK, senam pramuka dan sejenisnya. Perkemahan, adalah pertemuan Pramuka Penggalang yang dilaksanakan secara reguler, untuk mengevaluasi hasil latihan di gugusdepan. Perkemahan diselenggarakan dalam bentuk Persami (Perkemahan Sabtu Minggu), Perjusami (Perkemahan Jum'at Saptu Minggu), perkemahan liburan dan sejenisnya. Gelar (Demonstrasi) Kegiatan Penggalang, adalah pertemuan Pramuka Penggalang dalam bentuk keterampilan di hadapan masyarakat umum, seperti baris-berbaris, PPPK, gerak dan lagu, membuat konstruksi sederhana dari tongkat/bambu dan tali (pioneering), dan sejenisnya. Pameran, adalah kegiatan yang memamerkan hasil karya Pramuka Penggalang kepada masyarakat. Darmawisata, adalah kegiatan wisata ke tempat tertentu, seperti museum, industri, tempat bersejarah, dan sejenisnya. Pentas Seni Budaya, adalah kegiatan yang menampilkan kreasi seni budaya para Pramuka Penggalang. Karnaval, adalah kegiatan pawai yang menampilkan hasil kreatifitas Pramuka Penggalang. Pertemuan Pramuka Penegak Raimuna, adalah pertemuan Pramuka Penegak dan Pandega dalam bentuk perkemahan besar yang diselenggarakan oleh kwartir Gerakan Pramuka, seperti Raimuna Ranting, Raimuna Cabang, Raimuna Daerah, Raimuna Nasional. Gladian Pimpinan Satuan, adalah kegiatan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega bagi Pemimpin Sangga Utama, Pemimpin Sangga, dan Wakil Pemimpin Sangga dan pengurus Dewan Ambalan/Racana, yang bertujuan memberikan pengetahuan di bidang manajerial dan kepemimpinan. Dianpinsat diselenggarakan oleh gugusdepan, kwartir ranting atau kwartir cabang. Kwartir daerah dan Kwartir Nasional dapat menyelenggarakan Dianpinsat bila dipandang perlu. Perkemahan, adalah pertemuan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega yang diselenggarakan secara reguler untuk mengevaluasi hasil latihan di gugusdepan dalam satu periode, seperti Perkemahan Saptu Minggu (Persami), Perkemahan Jum'at Saptu Minggu (Perjusami), perkemahan hari libur, dan sejenisnya. Perkemahan Wirakarya (PW), adalah pertemuan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega berbentuk perkemahan besar, dalam rangka mengadakan integrasi dengan masyarakat dan ikut serta dalam kegiatan pembangunan masyarakat. PW diselenggarakan oleh semua jajaran kwartir secara reguler, khusus untuk PW Nas, diselenggarakan apabila dipandang perlu. Perkemahan Bakti (Perti), adalah pertemuan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega berbentuk perkemahan besar, dalam rangka mengaplikasikan pengetahuan dan pengalamannya selama mengadakan pembinaan, baik di gugusdepan maupun di Satuan karya Pramuka (Saka) dalam bentuk bakti kepada masyarakat. Perkemahan Antar (Peran) Saka, adalah Kegiatan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega yang menjadi anggota Satuan Karya Pramuka (Saka), berbentuk perkemahan besar, yang diselenggarakan oleh kwartir Gerakan Pramuka. Saat ini Gerakan Pramuka memiliki tujuh Saka. Peran Saka diselenggarakan apabila diikuti minimal oleh dua Satuan Karya Pramuka. Pengembaraan, adalah pertemuan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega berbentuk penjelajahan, dalam rangka mengaplikasikan pengetahuan tentang ilmu medan, peta, kompas dan survival. Latihan Pengembangan Kepemimpinan, adalah pertemuan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega untuk menanamkan dan mengembangkan jiwa kepemimpinan bagi generasi muda agar dapat ikut serta dalam mengelola kwartir dan diharapkan di kemudian hari mampu menduduki posisi pimpinan dalam Gerakan Pramuka. Latihan Pengelola Dewan Kerja, adalah pertemuan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega untuk memberikan pengetahuan dan pengalaman mengenai manajemen Dewan Kerja, sehingga para anggota Dewan Kerja dapat mengelola dewan kerjanya secara efektif dan efisien. Kursus Instruktur Muda, adalah pertemuan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega pengembangan potensi Pramuka, baik sebagai Pribadi, kelompok maupun organisasi untuk mensukseskan pelaksanaan upaya Pengembangan Sumber Daya Manusia, Pengentasan Kemiskinan dan Penanggulangan Bencana. Penataran, Seminar, dan Lokakarya, adalah pertemuan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega untuk mengkaji suatu permasalahan dan merumuskan hasil kajian serta memecahkan masalah secara bersama, sebagai bahan masukan bagi perkembangan Gerakan Pramuka. Sidang Paripurna, adalah pertemuan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega untuk menyusun program kerja bagi Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega dalam satu tahun program, dan akan dijadikan bahan dalam Rapat Kerja Kwartir. Musyawarah Pramuka Penegak dan Pandega Puteri dan Putera (Musppanitera), adalah pertemuan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega untuk menyusun perencanaan pembinaan bagi Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega di wilayah kwartir dalam satu masa bakti kwartir/dewan kerja dan akan dijadikan bahan pada musyawarah kwartirnya. Semua Golongan Jamboree On The Air (JOTA) dan Jambore On The Internet (JOTI), adalah pertemuan Pramuka melalui udara, bekerjasama dengan Organisasi Amatir Radio Indonesia (ORARI) dan pertemuan Pramuka melalui internet. Kedua kegiatan ini dilaksanakan secara serentak. Kegiatan ini diselenggarakan di tingkat nasional dan internasional.
Read More »

0 PENGERTIAN UPACARA PELANTIKAN DAN KENAIKAN TINGKAT

Rabu, Mei 05, 2010 Under From BANTARA SMANCI
[0 Comment]
1.Upacara pelantikan dilaksanakan untuk peserta didik yang telah berhasil menyelesaikan SKU tingkat awal, yaitu Siaga Mula, Penggalang Ramu, Penegak Bantara, dan Pandega.
  • Upacara dilakukan secara sederhana, khidmat dan berkesan terutama mengenai ucapan Janji/Satya Pramuka.
  • Upacara dilakukan sesuai dengan ketentuan yang diatur dalam Petunjuk Penyelenggaraan Upacara Dalam Gerakan Pramuka.
  • Seyogyanya upacara pelantikan dihadiri pula oleh orangtua/wali peserta didik yang bersangkutan.
  • Sesudah mengikuti upacara pelantikan, peserta didik berhak memakai pakaian seragam lengkap sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
  • Sesudah upacara pelantikan, Pembina Pramuka yang melantik mengisi buku SKU dan menyerahkannya ke peserta didik yang dilantik.
2.Upacara kenaikan tingkat yaitu upacara pemberian tanda kecakapan umum sebagai kelanjutan dari tingkat kecakapan awal; misalnya dari :
  1. Siaga Mula ke Siaga Bantu
  2. Siaga Bantu ke Siaga Tata. dan seterusnya,begitu pula pada golongan Penggalang dan Penegak. Pada golongan Pandega tidak ada upacara kenaikan tingkat, karena SKU Pandega hanya satu tingkat, sedangkan untuk upacara pemberian TKK dan Tanda Pramuka Garuda dapat dilakukan seperti upacara kenaikan tingkat.
Read More »

0 TANDA – TANDA ALAM

Rabu, Mei 05, 2010 Under From BANTARA SMANCI
[0 Comment]
Pramuka adalah juga pecinta alam lalu saking cintanya maka harus mengenal tentang alam dan tanda-tandanya. Berikut pengenalan alam sekitar kita yang sering kita temui saat berkemah : Kabut Kabut tipis dan rata membumbung tinggi ke atas berarti kurangnya uap air di udara dan brtanda cuaca akan selalu baik.Cuaca terang benderang pada pagi hari bertanda buruk pada hari itu, apabila kemarin ada hujan.Langit yang ditutupi awan kemudian meulai terang pada pagi hari bertanda cuaca baik.Apabila ada kabut di atas lembah pada pagi hari bertanda cuaca baik, sedang di gunung akan turun hujan. Awan Apabila langit diliputi awan yang tebal dan gelap berarti akan turun hujan yang deras. Matahari Apabila matahari terbit berwarna merah dan diliputi garis-garis awan yang kehitaman bertanda ada hujan, apabila berwarna bersih dan terang dan bertanda hari baik. Matahari terbit dengan warna kemerah-merahan yang terang bertanda cuaca baik, apabila warna merah dicampuri garis kekuning-kuningan bertanda hujan lebat. Apabila matahari terbenam dengan warna kekuning-kuningan/orange bertanda ada hujan, apabila dengan warna merah muda atau kekuning-kuningan bertanda baik, warna merah pada matahari terbenam berarti akan ada angin yang cukup kencang. Bintang Apabila pada malam hari bintang di langit kelihatan terang sekali, maka pada malam itu cuaca akan baik, sedangkan bila nampak suram bertanda cuaca kurang baik/buruk. Bulan Apabila terlihat terang dan bersinar berarti cuaca baik, tapi bila bulan diliputi awan yang gelap berarti hujan akan turun. Apabila ada lingkaran putih (halo) yang melingkari bulan berarti tidak ada ketentuan cuaca pada hari itu. Binatang Apabila kita perhatikan naluri binatang dengan seksama, yang ada hubungannya dengan cuaca maka, kita akan tercengang atas keganjilan-keganjilan yang dilakukannya dengan cara mereka, antara lain : 1. LaLaba-laba Akan bersembunyi bila cuaca akan buruk, dan rajin mengerjakan sarangnya apabila cuaca baik. Semut Akan tetap di dalam lubangnya bila cuaca akan buruk, apabila mereka keluar dan berjalan mondar-mandir bertanda cuaca akan tetap baik. Lebah Dengan melihat sarangnya; pada cuaca baik, mereka berterbangan jauh dari sarangnya/peternakan.Lalat Apabila akan turun hujan mereka akan hinggap di tembok/dinding, sedangkan pada cuaca baik mereka akan berterbangan kian kemari. Nyamuk Apabila di pagi hari mereka mengganggu atau menggigit kita, maka berarti akan turun hujan. Apabila pada matahari terbenam berterbangan kian kemari dan terbang berduyun-duyun bertanda cuaca baik. Apabila selalu terbang di tempat yang gelap/ di dalam bayang/bayang bertanda cuaca akan buruk/datang hujan. Cacing Apabila pada malam hari mereka menimbun tanah berbutir-butir di kebun, berarti akan turun hujan. Lintah Kita dapat membuat barometer dari seekor lintah yang ditaruh dalam gelas berisi air, yaitu : Bila lintah melekat pada gelas di atas permukaan air, maka bertanda cuaca akan tetap membaik ; Apabila ia berdiam di dasar gelas bertanda cuaca buruk dalam waktu yang lama ; apabila akan datangtopan maka ia akan melekat erat-erat di gelas sedang ekornya digerak-gerakkan sekeras-kerasnya. Siput Pada cuaca yang baik akan merayap dengan tenang, sedang pada cuaca buruk akan merayap dengan cepat. 9. Ikan Akan melompat-lompat di atas air bila cuaca akan buruk. Katak Pada cuaca buruk akan berdiam dalam air dan pada cuaca baik mereka akan duduk di tepi kolam. Apabila pada malam hari cuacanya baik di musim kemarau mereka tidak menyanyi maka cuaca buruk akan datang. Ayam Pada waktu hujan ayam akan berteduh. Bila hujan tidak akan lama mereka akan tetap berjalan-jalan dan membiarkan dirinya kehujanan. Apabila mereka selalu mencakar-cakar tanah berarti hujan akan datang. Bebek / Angsa Mereka nampak tidak senang dan selalu menggigit bulunya (memberi lemak), apabila cuaca akan buruk. Burung Kepinis Pada waktu cuaca baik mereka akan terbang tinggi sekali karena serangga tinggi pula terbangnya. Apabila terbang rendah sekali bertanda cuaca buruk akan hujan. Bila cuaca buruk di pagi hari maka mereka tidak akan keluar dari sarangnya. Kambing Apabila akan turun hujan bau badannya dapat tercium dari jarak yang lebih jauh daripada ketika cuaca baik. Kelelawar Mereka akan terbang mulai senja hari bila cuaca akan baik pada malam hari itu. Bila mereka berdiam di dalam goa maka cuaca akan buruk. Asap Bila asap naik dengan tegak lurus dan tinggi sekali maka cuaca pada hari itu akan tetap baik. Apabila asap naiknya mendatar dengan tanah/rendah maka cuaca akan buruk.Burung Gagak Apabila hujan akan turun mereka akan terbang berputar-putar di atas sarangnya. Tanda-tanda lain apabila cuaca akan buruk :
1. Kucing akan duduk membelakangi api sambil mengusap-usap kepalanya dengan kaki depannya yang dibasahi dengan mulutnya.
2. Bila anjing menggali tanah atau menyembunyikan tulangnya.
3. Burung-burung membasahi bulunya dengan paruhnya.
4. Bila bau bunga tercium semerbak sekali.
5. Burung-burung laut terbang menuju daratan.
Dengan mengenali tanda tanda alam dan sekitar kita, akan terasa jadi lebih dekat dan nyaman sekaligus menikmati alam ciptaan Tuhan . Semoga bermanfaat di suatu hari nanti.
Read More »